13 Jan 2019

Cantik Ala Millennials






Halo Millennials!
 
Saya yakin menjadi cantik adalah keinginan setiap wanita. Oleh sebab itu, di era millenials ini, semakin banyak wanita yang peduli dengan penampilannya. Tak jarang kita melihat wanita memakai make up untuk tampil cantik di depan publik. Tidak ada yang salah. Namun, menjadi cantik itu bukan sekadar ingin mendapatkan pengakuan dari khalayak, tetapi menjadi cantik itu adalah bentuk cinta terhadap diri kita sendiri.  

Perkembangan industri kecantikan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya permintaan produk-produk kecantikan oleh millennials. Pengaruh teknologi dan informasi memudahkan millenials untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang produk kecantikan apa yang sebaiknya dipakai, bagaimana tips agar tak salah memilih produk, dsb dsb. 

Millennials bukanlah generasi biasa-biasa saja. Mereka memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi tersebut agar tak salah dalam merias diri. Hal ini pun ditandai dengan semakin maraknya beauty vlogger, beauty blogger, dan konten-konten kecantikan lainnya. Tentunya, cantik itu perlu usaha, cantik itu butuh proses dan cantik itu harus cerdas. Minimnya pengetahuan kita tentang kosmetik bisa menjadi boomerang bagi kita yang ingin tampil cantik dan fresh. Oleh sebab itu, millenials harus memiliki pengetahuan yang cukup. Millennials harus cerdas agar nantinya tak salah dalam merawat serta mempercantik diri. 

Banyak millennials yang awam di dunia per-kosmetikan masih belum paham kegunaan kosmetika itu seperti apa. Patut diketahui bahwa kosmetik digunakan bukan untuk mengobati dan mencegah penyakit. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI), Kosmetik berfungsi untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan, memperbaiki bau badan, dan memelihara tubuh pada kondisi baik. Salah dalam memilih kosmetik akan berdampak buruk pada kondisi kulit kita. 

Sebelum membeli produk kosmetik, alangkah baiknya kita mengetahui kondisi jenis kulit kita. Hal ini dilakukan agar kita dapat memilih produk kosmetik yang sesuai dan in tune dengan kulit kita. Dalam kondisi ini, kita harus bisa mengkategorikan jenis kulit kita seperti apa. Sebab, treatment setiap jenis kulit itu berbeda-beda. Apabila kita salah mengkategorikan jenis kulit, tentu akan berakibat fatal terhadap kulit kita sendiri. Pemilihan kosmetik dengan rutinitas kita sehari-hari juga harus tepat. Kita harus tahu aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari, misalnya, apakah lebih banyak terkena sinar matahari atau dominan berada di ruangan ber-ac. Apabila rutinitas sehari-hari lebih banyak di luar, penggunaan SPF untuk kulit harus diperhatikan. Kemudian, agar kulit tetap terjaga dan terawat, penggunaan kosmetik sebaiknya tak sering bergonta-ganti. Sebab, gonta-ganti kosmetik malah akan merusak kulit kita, bisa jadi akan tumbuh banyak jerawat dan kulit akan mengalami iritasi.

Setelah mengetahui bagaimana kondisi kulit kita, barulah kita bisa men-treatment kulit kita dengan mencari produk kosmetik yang tepat sesuai jenis kulit kita. Salah satu tips agar kita tidak salah memilih kosmetik untuk kulit kita adalah dengan cek KLIK. KLIK adalah singkatan dari Kemasan, Label, Izin edar, dan Kadaluarsa.

1    1. Kemasan
    Pengecekan terhadap kemasan dilakukan untuk memastikan apakah produk dalam keadaan tidak rusak, cacat ataupun jelek. Apabila ditemukan bahwa kemasan produk tersebut cacat, patut dicurigai bahwa telah terjadi manipulasi dalam produk tersebut. Bisa jadi produk tersebut bukan kemasan asli atau mungkin ditambahkan bahan-bahan yang tak semestinya ada dan bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit.  

2    2. Label
   Produk yang asli akan memuat label yang benar, seperti nama kosmetik, nama dan Negara produsen, komposisi, serta peringatan dan persyaratan dalam penggunaan produk.
3
           3. Izin Edar
    Cek izin edar produk dapat dilakukan lewat website BPOM RI (https://cekbpom.pom.go.id/). Produk-produk yang legal tentu akan mendapatkan izin edar dari BPOM RI. Izin edar dari BPOM RI menandakan bahwa produk tersebut layak untuk dipakai sesuai standar berlaku yang ditetapkan oleh BPOM RI.

4    4. Kadaluarsa
    Sama seperti makanan, kosmetik juga memiliki tanggal kadaluarsa pemakaian. Pengecekan kadaluarsa pada kosmetik sangat penting agar kita tidak menggunakan kosmetik yang sudah lewat tanggal masanya. Hal ini dikarenakan dapat menimbulkan efek negatif pada kulit apabila kita menggunakan produk kosmetik yang sudah lewat masa tenggangnya.

Secara umum, tips agar terhindar dari kesalahan pemilihan kosmetik ialah dengen cek KLIK seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. Patut diketahui bahwa kecantikan tidak hanya didapat dari pemilihan kosmetik yang tepat. Seperti kata pepatah, "You are what you eat". Konsumsi makanan yang sehat dan tepat pula menjadi support system agar mendapatkan kecantikan yang maksimal. Konsumsi sayur dan buah-buahan yang sehat dan segar menjadi salah satu tipsnya. Buah yang mengandung anti oksidan, serta vitamin C & E bagus dikonsumsi untuk menunjang kecantikan tubuh dari dalam. Adapun contoh buahnya adalah lemon, apel, kiwi, jeruk, dll. 

Cantik itu relatif. Sebab, standar kecantikan itu berbeda-beda. Buktinya, di setiap negara, cantik itu memiliki definisi tersendiri. Seperti di Asia, seorang wanita dikatakan cantik jika ia memiliki kulit yang putih. Beda halnya di Amerika, cantik itu harus punya kulit yang eksotik. Oleh karena itu, , menjadi cantik di era millennials tidak cukup dari fisik saja. Sebab, cantik fisik memiliki standar dan preferensi sendiri. Cantik fisik dapat dipoles dengan kosmetik, tapi Inner beauty harus ditempa dengan menebarkan hal-hal positif.

Jadi, Millennials, Apa kamu siap cantik luar dan dalam?!  

#CerdasMemilihKosmetik

6 komentar:

Fleu mengatakan...

Huuu bermanfaat sekali

Anonim mengatakan...

Mantaap sekali sistaa. Suka sama penulisannya

Anonim mengatakan...

sangat bermanfaat�� apalagi tips cek KLIK nya sangat penting diterapkan dlm membeli kosmetik

berbagi sore mengatakan...

That is really worth sharing information :)
Ayo KLIK duluuu

Unknown mengatakan...

Mantaaaaaps....!!! 👍👍
sangat perlu diterapkan cek klik ny, biar aman dalam penggunaan suatu produk..

Putri Sarasvati mengatakan...

Gilaaa. suka banget sama tulisannya, mbaak. Keep writing ya!

Posting Komentar